Makanan Enak, harus deh udah capek-capek kerja seharian pengin banget memanjakan lidah pada saat istirahat kantor. Setelah dari pagi bekerja kadang kita perlu memanjakan indera perasa kita untuk menikmati makan siang dengan makanan yang enak. Tapi sebaiknya jangan setiap hari dilakukan ya, bisa-bisa kolesterol tinggi. dari sekian banyak makanan enak yang tersedia dipasaran ada beberapa diantaranya menjadi makanan favorit yang terenak untuk dijadikan santapan siang. Tim masakbagus berhasil menghimpun 10 makanan enak favorit tersebut.

Makanan Enak Untuk Makan Siang

1. Gado-Gado

Salah satu makanan favorit penulis juga, gado-gado terbuat dari aneka sayuran diantaranya ada kacang panjang, kol, wortel, tomat, kentang, selada dsb. Selain sayuran juga ditambahkan telor rebus, emping dan kerupuk udang yang diremuk. Sebagai sumber kalori gado-gado juga dimakan bersama lontong yang juga sudah diracik di dalamnya. Saus yang digunakan biasa digunakan sambal kacang tanah seperti layaknya pecel. Dijamin ketagihan kalo belum pernah merasakan makanan ini.

mangut kepala manyung ala bu fat semarangan2. Sayur Mangut

Sayur yang menggunakan ikan asap / ikan panggang sebagai bahan utamanya ini juga merupakan makanan yang enak di konsumsi pada saat makan siang. Daya tarik sayur ini ada pada rasa pedasnya dan ikan asap yang digunakan. Ikan asap biasanya digunakan ikan manyung, bahkan kepala ikan manyung dijual terpisah dari badannya biasa disebut dengan Ndas Mayung dalam bahasa jawa. Disemarang sediri ada beberapa tempat untuk mendapatkan makanan enak ini, diantaranya ada warung mbah jingkrak di kyai saleh dan SGWL (Sego welut .. juga menyediakan mangut) di daerah sampangan. Kalo pengin buat sendiri bisa lihat resepnya di Resep Mangut Kepala Manyung atau di Resep Mangut Ikan Asap

Makanan Enak

3. Bakso

bakso ayamHmmm kalo ini banyak sekali penggemarnya, Apalagi dengan jeroan iso yang menggugah selera. Di semarang sendiri ada beberapa spot bakso yang biasa dijadikan tempat tujuan makan siang, bakso geger di jl. Sri rejeki dan bakso doa ibu di jalan sompok. Jika anda penggemar bakso pasti jenis makanan ini yang akan jadi prioritas anda untuk dijadikan menu makan siang pemanja lidah. Sebagai alternatif juga bisa menjadikan bakso ayam menjadi menu makanan enak. Beberapa kedai bakso binaan dinas koperasi pemprov jateng juga bisa anda ditemukan di gedung UMKM center jalan setiabudi semarang.

Mie Ayam ceker4. Mie Ayam

Kalo yang ini pesaing utama bakso, jika anda penggemar bakso kemungkinan besar anda juga seorang penggemar. Mie ayam menjadi alternatif menu makanan enak untuk makan siang, apalagi dengan ditambah baceman ceker ayam .. nikmat sekali.

5. Ayam Goreng / bakar

Satu ini emang gak ada bosennya, ayam goreng tetap saja menjadi salah satu makanan enak favorit di segala suasana. Hampir setiap orang suka akan makanan ini. Yang membuat agak pusing untuk menentukan ayam goreng yang akan kita santap yaitu karena gak cuman satu aja pilihannya, beberapa alternatif pilihan ayam goreng mulai dari yang original, ayam goreng kremesan, ayam goreng tepung crispy, penyet, model fast food, dsb.

ayam goreng tepung Cukup dulu tulisan bagian pertama ini, kita lanjutkan untuk bagian ke dua untuk reportase 10 makanan enak untuk makan siang

sambel goreng ati sapi dan telurLauk Sambal goreng ati sapi biasanya dijadikan pelengkap nasi kuning atau tumpeng bisa juga menjadi pendamping sajian lontong opor ayam . Resep dari mama yang selalu saya gunakan Berikut Resep Sambal goreng dengan tambahan telur ayam :
Bahan :

  • 250 gr hati sapi, potong kotak kecil kecil.
  • 50 gr udang kupas kecil.
  • 5 buah cabe merah besar.
  • 7 buah cabe merah keriting.
  • 2 siung bawang putih, iris halus.
  • 8 siung bawang merah, iris tipis.
  • 1 ruas lengkuas, pukul memarkan.
  • 2 lbr daun salam.
  • 1 btg sereh.
  • 1 sdt garam.
  • 200 ml santan.
  • gula merah secukupnya (sedikit saja hanya untuk menambah citarasa).
  • 5 butir telur ayam rebus lalu goreng hingga berkulit.

Cara Membuatnya :

  1. Rebus cabe merah besar dan cabe merah keriting hingga layu .tiriskan
    kemudian haluskan bisa menggunakan blender . sisihkan
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah iris hingga layu
  3. Masukkan cabe halus , tumis terus hingga wangi.
  4. Masukkan daun salam, sereh dan lengkuas. Aduk rata.
  5. Tambahkan udang kupas kecil tumis hingga berubah warna
  6. Masukkan hati sapi, dan telur ayam rebus yang telah digoreng
  7. Beri bumbu garam , dan gula merah
  8. Aduk dan masak terus hingga hati berubah warna dan matang.
  9. Tuangi santan, biarkan mendidih.

Tips :

  1. Dalam keadaan masak jumlah banyak, hati sapi dipotong kecil kecil terlebih dahulu kemudian bisa direbus terlebih dahulu bersama garam, daun salam dan daun jeruk purut. kemudian tiriskan dan olah.
  2. Hasil memasak jika menggunakan metode ini , tidak ada irisan cabe merah yang mengganggu saat di nikmati
  3. Jika tidak suka dihaluskan cabe merahnya , bisa menggunakan cara cabe merah diiris halus dan ditumis dahulu sebelum diolah agar tidak langu
  4. Untuk Sambel goreng ati bisa ditambah dengan kapri sebanyak 50 gr.
  5. Saat Penyajian beri taburan sedikit bawang merah goreng

Selamat Mencoba  Sambal Goreng Ati Sapi dan Telur Ayam di dapur anda :)

EGGLESS FLUFFY DONUT

Mencoba Resep milik adek Rani Fadilla daster Chef ūüėÄ , eggless Fluffy Donat , ekonomis dan mudah ternyata enak membuat donat walau tanpa telur sekalipun, untuk donat dengan bahan lain silakan lihat donat kentang. Naa berikut resep fluffy donat tanpa telur nya :

EGGLESS FLUFFY DONUT

By: Rani Fadilla

‪‎Bahan‬:

  • 250 gr tepung protein sedang (segitiga biru).
  • 180 ml susu cair hangat.*
  • ¬†25 gr gula pasir.*
  • ¬†1 sdt ragi instan.*
  • 1/2 sdt garam.
  • ¬†25 gr mentega atau margarine.

‪Cara Membuat‬:

  1. Buat  larutan biang (*) Diamkan sampai biang mengembang & berbusa *
  2. Campur tepung  dan Campur jadi satu, aduk rata. , aduk rata sampai setengah kalis. Tambahkan garam + mentega, aduk rata. Uleni sampai kalis elastis & mulus. Bulatkan.
  3. Proofing adonan sambil ditutup selama 30-60 menit sampai mengembang 2x (saya hanya sampai 40 menit, adonan sudah naik)
  4. Kempeskan adonan, uleni kira2 10-15 menit sampai lentur kembali.
  5. Cetak adonan.
  6. Diamkan kurang lebih 20 menit. Di 5 menit terakhir fermentasi kedua, panaskan minyak yang banyak dengan api kecil-sedang.
  7. Goreng donat dengan hanya sekali balik setelah satu sisi berwarna keemasan.
  8. Angkat, tiriskan. Hias donat setelah sejuk.

Selain donat yang enak ini ada resep bakpao enak loh di sini jangan lupa jalan-jalan juga ke resep bakpao hias.  Selamat mencoba yaa  :)

silky puding ala puyo

Awalnya nyicip Silky puding ala puyo nya ci Erna Juliwati di saat latbar fondant cake group NCC Semarang. rasanya enak wangi bubble gum. Saat itu saya radang tenggorokan menikmati satu puding ini lembut sekali terasa di tenggorokan, makin penasaran deh dengan silky puding ini.

Kemudian diberilah saya resep oleh ci Erna  , resep dari Chef Yongki G  , ternyata bener bener lembut dan enak sekali. anakanak sekali makan langsung 2 mangkuk kecil :) Resep asli menggunakan Gelamix, Gelamix adalah paduan dari agar agar dan jeli . tapi saya menggunakan Nutrijel saat eksekusi resep ini. kunci nya adalah takaran air yang pas saat membuat puding ini. takaran air yang tepat memberikan tekstur yang lembut.

Sebaiknya disaat membuat puding ini jangan dicetak di wadah besar yaa karena tekstur puding yang tidak kokoh , sebaiknya dicetak di wadah jeli mini atau di mangkuk kecil kecil. Perisa yang saya gunakan adalah perisa produksi Ny.liem rasa Tutty Fruity karena susah sekali mendapatkan perisa bubble gum di sini.

silky puding ala puyoo iya , saya menggunakan nutrijel plain  , jadi agar warna puding cantik saya tambahkan 2 tetes pewarna biru merk cross. berikut resep nya  :

SILKY PUDDING ALA PUYO

Resep by Chef Yongki Gunawan
BAHAN:

  • 500gr Susu UHT
  • 500gr susu kedelai siap beli
  • 4gr gellamix (14gr Nutrijell plain)
  • 125gr gula pasir
  • Perisa atau pasta sesuai selera

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan dalam panci.
  2. Masak dengan api kecil. Jangan sampai mendidih meletup letup . Hanya sampai mendidih kecil aja.
  3. Angkat dari kompor .
  4. Beri perisa atau pasta sesuai selera .
  5. Tuang dalam cetakan.
  6. Sajikan dingin lebih Nikmat

keterangan tambahan  :

  • jika menggunakan nutrijel tambahkan 100 ml air susu
  • saat perebusan .
  • saya menggunakan nutrijel plain jadi warna biru didapat dari 2 tetes pewarna biru merk cross

Selamat mencoba :)

pepes ampas kedele

Pepes ini dari sisa pembuatan susu kedele disini yaa :  Cara membuat susu kedelai Seperti biasanya ampas sisa pembuatan susu kedele biasanya saya buang . hari ini iseng saya buat sesuatu yang bisa di manfaat kan , biasalah saya emak emak ogah rugi  :D. kebetulan sekali pak satpam tadi pagi bebersih taman , dan saya diberi daun  pisang. pak satpam hapal sekali jika saya suka sekali memasak :) alhamdulillah,

jadi mari kita berdayakan ampas kedele ini agar tidak terbuang percuma  dapat susu kedele nya , dapat juga olahan istimewa . ketika matang saya icip . rasanya enak sekali beneran deh bukan lebay  :). Tekstur pepes nya hampir mirip dengan pepes telur ikan  jadi seperti ada butiran butiran halus dimulut . soal rasa enak kok , ga ada yang menyangka jika ini adalah pepes dari ampas kedele sisa pembuatan susu kedele.

Berikut Resep dan cara pembuatannya : Pepes Ampas Kedele
resep : Ita Utomo
Bahan yang dibutuhkan  :

  • 500 gr ampas kedele (*sisa hasil pembuatan susu kedele)
  • 2 butir telur
  • daun salam cuci bersih kemudian bagi menjadi dua bagian

Haluskan bumbu :

  • 8 cabe merah
  • 4 cabe rawit merah
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdm garam (atau sesuai selera)
  • sedikit gula merah (sekitar 10 gr an / sesuai selera
  • trasi secukupnya
  • daun pisang dan lidi atau tusuk gigi untuk membungkus pepes

cara membuat :

  1. Haluskan bumbu , Kecuali daun salam.
  2. campur semua bahan termasuk telur aduk rata.
  3. siapkan lembaran duan pisang.
  4. isi masing masing lembaran daun pisang dengan dua sendok makan adonan pepes , beri daun salam disetiap bungkusan pepes , sematkan lidi di kedua ujung pepes.
  5. kukus kurang lebih 25 menit atau hingga matang.
  6. bakar diatas bakaran agar aroma pepes lebih mantap
  7. sajikan
  8. selamat mencobaIMG_8192

telur sayur panggang

Ini menu darurat untuk anakanak , karena saya kurang enak badan, agak flu jadi untuk makan siang anakanak saya buat telur sayur panggang praktis mudah sekali dan yang paling penting kebutuhan gizi nya tercukupi .

Bahan terdiri dari telur ayam , kornet sapi¬† (atau bisa diganti daging cincang yang sudah ditumis dulu atau daging ayam cincang yang sudah direbus atau ditumis terlebih dahulu) , kemudian saya tambahkan wortel serut ( sayuran bisa menggunakan mix sayur atau sayuran beku) lalu ditambah dengan daun bawang dan daun seledri yang di rajang halus , diberi parutan keju dan dibumbui lada bubuk , jika suka bisa ditambah dengan kaldu ayam bubuk . kemudian aduk rata . tuang adonan ke loyang yang sudah dioles minyak dan bawah loyangnya dialasi plastik , kemudian kukus ,setelah kurang lebih 30 menit dikukus keluarkan . lalu oven selama kurang lebih 10 menit api atas dan bawah dengan suhu 180′ C , kemudia keluarkan potong potong ,sajikan

gampang sekali kan

berikut takaran yang saya gunakan  :

Bahan yang digunakan :

  • 4 butir telur ayam kocok menggunakan garpu
  • 4 sdm kornet sapi
  • 1 buah wortel serut
  • 1 helai daun bawang dan daun seledri rajang halus
  • 50 gr keju parut
  • 1/4 sdt lada halus
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk

Selamat mencoba  :)

 

IMG_8143