Kue Lumpur Labu Kuning

kue lumpur labu kuning

Beberapa waktu yang lalu diberi mama Labu kuning utuh , rencana dieksekusi klepon , kue lumpur dsb dst gagal karena habis di kukus lalu di guyur santan kental , sepotong demi sepotong lama lama habis tidak bersisa . beberapa hari kemudian Tukang sayur langganan bawa labu kuning , hanya sepotong masih penasaran dengan olahan labu kuning . saya beli  kemudian eksekusi Kue lumpur Labu kuning hasil mencontek resep mba Nina .
Labu Kuning ada bahan lain juga tersedia tapi ternyata tidak ada stok kismis di laci lemari dapur jreng jreng (*mulai drama ) ya udah deh nanti kue lumpur labu kuningnya diberi chochochips dan almond Slice daripada batal mengolah labu kuning lagi.

Langsung saja ya berikut resepnya :

KUE LUMPUR LABU KUNING
bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gr labu kuning
  • 250 gr tepung terigu
  • 250 gr gula pasir ( saya 200 gr saja)
  • 3 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanilli
  • 450 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 100 gr margarin lelehkan
  • 1 lembar daun pandan
  • ChocoChips dan almond slice

Cara membuat:

  1. Kukus labukuning kemudian panas-panas di haluskan hingga lembut sisihkan biarkan dingin.
  2. Rebus santan bersama daun pandan hingga mendidih , dinginkan biarkan suhu ruang.
  3. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut, putih dan mengembang.
  4. Masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
  5. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
  6. Masukkan terigu sedikit demi sedikit berselang-seling dengan labu. Aduk hingga rata.
  7. Masukkan margarin leleh, aduk rata.
  8. Panaskan cetakan kue lumpur, oles tipis margarin. Tuang adonan hingga 3/4 penuh, tutup. Setelah 1/2 matang taburi topping, tutup kembali dan masak hingga matang. – Angkat dan dinginkan.

Keterangan tambahan  :

  • Gunakan api kecil agar matang merata tidak gosong di permukaan kue lumpur labu kuningnya. saat matang tidak keriput permukaan kue lumpur nya karena matang merata.
  • Penggunaan santan disesuaikan dengan kandungan air labu kuning. jadi jika labu kuning sudah banyak air nya (tampak basah dan lembek) bisa dikurangi penggunaan santannya .

Selamat mencoba

Jamu Beras Kencur

jamu beras kencur

Segernya jamu beras kencur ini . saya suka tambahkan es batu saat menikmati jamu beras kencur wangi kencurnya hmm ..,

dari kecil jika mbok jamu gendong lewat pasti saya memilih jamu beras kencur . ternyata jamu beras kencur mempunyai banyak khasiat diantara nya menambah nafsu makan, menghilangkan pegel linu . naa kebetulan mba J (sitengah) kurang enak badan . maemnya lagi ogah ogahan mungkin kecapean karena kegiatan sekolahnya full , jadi hari ini saya buatkan jamu beras kencur semoga sehat selalu ya mba J  , aamin

ternyata mudah sekali membuatnya . hanya membutuhkan 3 tahapan : tahap pertama, setelah beras direndam beberapa jam boleh semalaman , tiriskan lalu beras disangrai. lalu rebus gulamerah garam kemudian saring. kemudian blender air gula beras sangrai dan kencur

warna jamu beras kencur nya kurang pas karena kebetulan dapat gulajawanya yang gelap pekat , bagusnya gula jawa seperti ini dijadikan bahan kuah cuko pempek . tapi tetep enak kok dijadikan jamu beras kencur sedaappp alhamdulillah

saya  kemas di dalam botol botol kecil , dinginkan .

berikut resep lengkapnya

JAMU BERAS KENCUR
Ita Utomo

Bahan yang dibutuhkan:

  • 135 gr beras
  • 125 gr kencur (kupas bersih bagian kulitnya cuci bersih)
  • 1 500 ml air bersih
  • 300 gr gulamerah
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat :

  1. Rendam beras semalaman , atau cukup 4 jam kemudian tiriskan lalu sangrai hingga kering (*gunakan api kecil sambil terus diaduk)
  2. Rebus Gula merah dan garam , aduk rata kemudian saring.
  3. Blender kencur dan beras yang sudah disangrai tambahkan rebusan air gulamerah.
  4. Kemudian saring.
  5. Hidangkan.
  6. Selamat mencoba.

jamu beras kencur

jamu beras kencur

keterangan  :

  • takaran ini hasilnya  tajam rasa kencur nya takaran ini dibuat agar jika ada tambahan es batu tidak akan mengurangi rasa jamu.
  • berat kencur di atas adalah total berat dengan kulitnya jika dikupas kulitnya berkurang jumlah total berat kencurnya. untuk penggunaan resep bisa dikurangi jumlah kencur nya.
  • tingkat kemanisannya disesuaikan dengan selera masing masing yaa

Wingko Babat Wijen

wingko babat wijen

Komentar pak suami ketika dikirim foto wingko babat wijen ini adalah prol tape kah ? atau cake ? 😀 . mungkin karena bentuknya seperti itu jadi tampak seperti prol tape atau cake  . iseng sebenarnya saat eksekusi wingko babat ini coba ah di tuang di loyang  , kalau teman teman ingin mencoba resep ini gunakan snack maker saja yaa yang bentuknya bulat bulat biar tampak seperti wingko babat pada umumnya  😀

Untuk takaran gula disesuaikan dengan selera masing masing yaa.

WINGKO BABAT WIJEN
Ita Utomo

  • 150 gr tepung beras ketan putih
  • 50 gr tepung tapioka
  • 150 gr gula pasir (pilih yang butirannya halus)
  • 150 gr kelapa parut (muda )
  • 65 ml santan instan
  • 50 gr margarin (lelehkan)
  • 1 butir telur
  • 1 sdt vanilla
  • 1/2 sdt garam
  • kuning telur untuk olesan
  • wijen hitam dan putih untuk toping wingko babat

Cara Membuat:

  1. Aduk semua bahan kering ( tepung beras ketan dan tepung tapioka) tambahkan garam .
  2. Aduk hingga creamy telur , gula pasir dan santan dan vanila dan margarin leleh.
  3. campur kan keduanya aduk rata.
  4. tambahkan kelapa parut aduk rata hingga semua menyatu.
  5. Siapkan loyang kecil . lapisi dengan baking paper lalu oles sekelilingnya dengan minyak masak.
  6. Tuang adonan wingko ke dalam loyang. masukkan ke dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan . gunakan suhu 180’C selama kurang lebih 20 menit kemudian keluarkan wingko dari oven .
  7. Siapkan loyang yang lebih besar dari loyang wingko . alasi dengan baking paper . beri olesan kuning telur pada permukaan atas wingko .   Pindahhkan dan balikkan loyang wingko ke loyang yang lebih besar .  beri olesan kuning  telur di permukaan atas wingko lalu   beri taburan wijen hitam dan putih masukkan ke dalam oven lagi . oven hingga matang.
  8. Selamat mencoba.

 

Kremesan

kremesan

Iseng hari ini adalah membuat kremesan , anakanak suka sekali kremesan . saya membuatnya 3 kali resep lumayan berdiri di depan kompor hahahahaa .

Saya menggunakan resep tintin rayner . hasil kremesan nya renyah dan kriuk . bentuknya juga bersarang dan tidak mudah rapur . menggunakan air sisa ungkepan ayam menjadi  lebih gurih kremesan nya lebih enak.

Kunci saat menggoreng kremesan adalah jarak antara wajan dan sendok sayur yang berisi adonan kremesan tinggi saat dituang kan ke wajan , kurang lebih 20 cm hingga 25 cm an  , jadi adonan menyebar di wajan dan hasilnya bersarang . menggunakan bahan tambahan baking powder agar kremesan lebih renyah.

Berikut resepnya .

KREMESAN
Recook : ItaUtomo

Bahan yang dibutuhkan:

  • 125 gr Tepung Sagu
  • 2 sdm Tepung Beras
  • 200 ml Air sisa ungkepan ayam
  • 100 ml Santan instan kental
  • 2 siung Bawang putih
  • 1 btr Kuning Telur
  • 1/2 sdt Baking Powder Double Action ( Hercules)
  • Sesuai Selera Kaldu ayam bubuk
  • garam

Cara membuat :

  1. Campur semua bahan , aduk rata.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, sambil menunggu minyak panas masukkan baking powder ke dalam adonan, aduk rata. (* Pastikan minyak sudah benar-benar panas).
  3. Aduk-aduk adonan . Tuang adonan dengan bantuan jari tangan atau menggunakan sendok sayur dengan gerakan berputar .
  4. Angkat tangan kurleb 20-25cm di atas wajan saat menuang adonan (tuang adonan paling sedikit 3-4 genggam setiap menggoreng atau 3 sendok sayur).
  5. Setelah adonan masuk, ke dalam wajan. adonan kremesa akan menyebar. setelah mulai kokoh, angkat ujungnya lalu lipat ,goreng hingga berwarna kecokelatan.
  6. Alasi dasar toples dengan kertas roti untuk nyerep minyak berlebih.
  7. Susun kremes yang sudah ditiriskan ke dalam toples, tutup rapat.
  8. Kremesan siap disajikan.
  9. Selamat mencoba.

TIPS :

* Pastikan minyak dalam keadaan panass supaya bisa bersarang, setelah mulai bersarang, turunkan sedikit suhunya supaya matang merata.

*Boleh menggunakan air kaldu ayam asli atau sisa rendaman ayam goreng.

* Harus pake Tepung Sagu, jangan diganti dengan Tapioka/Kanji.

* Pake Baking Powder Double Action misalnya HERCULES.

* Boleh aja pake 1 telur utuh,hasilnya kremesan menjadi lebih kokoh (kembali ke selera).

* Tunggu bener2 hilang uap panas baru masuk toples,dijamin renyahh tahan lamaaa.

*Bole kasi dikit Kunyit parut kalo pengen lebih kuning + beraroma:).

*Kucurin dengan gerakan memutar,supaya kremesan menyebar tidak menempel.

Getuk Singkong

getuk singkong

Yeeaaayy hari ini cita cita makan getuk terlaksana 😀 , hari ini saya membuat getuk singkong rencananya ingin getuk seperti yang dijual di kota salatiga . saya suka sekali getuk tersebut kemudian mencoba membuatnya sendiri.

Jadi setelah dikupas singkong kemudian di cuci bersih lalu di kukus hingga empuk dan matang . saat panas panas tambahkan margarin kemudian tumbuk hingga halus . lalu campur dengan kelapa parut  gula halus . Setelah tahap ini  saya masukkan ke dalam loyang yang ber alas plastik padatkan kukus lagi sebentar kemudian  kukus sebentar  (*hal ini dilakukan agar getuk tidak cepat basi) kemudian biarkan hingga suhu ruang potong potong , sajikan.

Berikut resep nya :

GETUK SINGKONG
Ita Utomo

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gr singkong kupas bersih lalu kukus hingga empuk dan matang
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 100 gr gula halus
  • 1 sdm margarin

Cara membuat ;

  1. Kupas dan cuci bersih singkong buang serat bagian tengahnya.
  2. Kukus hingga matang dan empuk .
  3. Tumbuh halus singkong tambahkan margarin. (tumbuk saat panas panas ).
  4. Tambahkan kelapa parut  dan gula halus ke dalam singkong yang sudah ditumbuk . aduk rata.
  5. Masukan adonan ke dalam loyang ukuran 16 x 16 lalu kukus sebentar saja kuang lebih 5 menit.
  6. Biarkan dingin.
  7. Potong potong getuk.
  8. Sajikan.
  9. Selamat mencoba.

Keterangan :

  • Karena saya kurang suka manis , untuk takaran gula halus boleh ditambah sesuai selera .