Rendang Daging Sapi

rendang padang

Harus berterima kasih dengan uni Dewi Anwar , resep rendangnya enaakkk sekali , sampai saya dapat pujian dari suami ūüėÄ terimakasi uni cantik :*

Dan saya baru tau bahwa untuk menghasilkan rendang yang agak kehitaman rahasia nya adalah waktu memasaknya yang lama , ada rahasia lagi ternyata resep rendang nya menggunakan hati sapi .

Membuat rendang membutuhkan waktu yang lumayan lama , dari proses memarut kelapa nya (alhamdulillah saya ga marut sendiri , hihihih beli di pasar sudah diparut ) kemudian proses memeras santan , menghaluskan bumbu kemudian aduk aduk rendang yang membutuhkan waktu lama dari daging mentah hingga menjadi rendang yang endddeeeeusssss margendeeeuuusss  , endang bambang gulindang markotop bin maknyus hihih  .

Dan .. ketika rendang matang disajikan dengan rebusan daun singkong kemudian ditambah sambal ijo nikmatnya , alhamdulillah

O yaa , rendang daging sapi ini bisa dijadikan alternatif menu sajian lebaran lo , beneran nyesel deh kalau belum pernah coba membuat rendang sendiri , bakalan dag dag ketika lewat rumah makan rendang  eh rumah makan padang deh hihihih .

Jadi ceritanya tadi saya dengar ada info di sebuah supermarket dekat rumah ada promo daging sapi (rendang) biasanya dibandro dengan harga 130 rb perkilo nya tadi hanya 80 sekian per kilo nya jadi cuzzzz langsung beli deh , karena anakanak dan suami suka sekali ditambah kentang jadi rendang saya tambahkan dengan kentang kecil kecil .

Daging yang digunakan untuk membuat rendang sebaiknya adalah daging bagian paha ( atau disebut Chuck) , gandik (silverside ) , atau bagian punuk (blade) biasanya sih di supermarket ada khusus disediakan potongan daging yang memang khusus untuk rendang.
Jangan sesekali menggunakan pengempuk daging jika ingin membuat rendang , karena daging akan hancur berkeping keping jika menggunakan pengempuk daging , cukup dimasak dengan waktu yang lama daging akan empuk dan akan menghasilkan kuah hitam yang pekat (biasa disebut dengan dedak jika kering  )

 

berikut resepnya  :

RENDANG DAGING SAPI

Bahan:

  • 1 kg Daging gandik tanpa lemak, potong menjadi 25-28 bagian, cuci bersih dan tiriskan
  • 3 butir Kelapa tua, buat santan kental (2-3 kali perasan dengan air hangat kuku, kira-kira 1800 cc)

Bumbu A – dihaluskan:

  • 20 butir Bawang merah
  • 10 butir Bawang putih
  • Seibu jari (= 6cm) Jahe
  • 1 ons Cabe merah besar giling
  • 1 sdt Merica putih
  • Jika suka pedas, tambahkan beberapa buah cabe rawit

Bumbu B:

  • Seibu jari lengkuas (laos), digeprek
  • 3 batang Sereh, geprek bagian putihnya
  • 3 buah Bunga pekak (bunga lawang, bentuknya seperti bintang)
  • 5 lembar Daun jeruk
  • 3 lembar Daun salam
  • 2 lembar Daun kunyit, disobek2
    Paling bagus jika menggunakan bumbu-bumbu yang masih segar, belum kering

Bumbu C – pelengkap:

  • 1 sdm Kelapa serundeng (kelapa diparut memanjang, digongseng tanpa minyak sampai coklat, giling halus sampai keluar minyaknya)
  • 1 sdm (kira2 25 gram) Hati sapi rebus, giling halus –> wajib ada
  • 1 sdm Air asam
  • 2 sdt Garam (atas sesuai selera)
  • 1 sdm Gula (atau sesuai selera)

Cara membuat:

  1.  Ungkep daging dengan bumbu A (beri air sedikit saja), biarkan hingga air daging keluar. Terus ungkep sampai air kering (gunakan api kecil).
  2. Tuang santan, masukkan bumbu B, aduk rata. Aduk santan dengan gerakan menimba hingga mendidih, jaga supaya tidak pecah. Gerakan menimba akan mencegah santan pecah.  Catatan: ketika mulai mengungkep daging, di panci terpisah aku merebus santan dengan api yang kecil sekali. Santan terus diaduk-aduk dan dibubuhi seujung sendok teh garam. Dari pengalaman, santan mentah rawan sekali menjadi kecut. Dengan cara ini rasa santan tidak berubah dan tidak mudah pecah ketika dimasak. Setelah santan mendidih, lanjut ke langkah 2.
  3. Kecilkan api, masak hingga santan mengeluarkan minyak (warnanya kuning seperti mentega leleh atau minyak goreng di masakan bali).
  4. Masukkan bumbu C termasuk garam dan gula. Cicipi dan koreksi sampai rasanya pas.
  5. Masak terus sambil sekali-sekali diaduk supaya tidak lengket sampai rendang berdedak dan berwarna coklat (kira-kira 1 jam untuk 1 kg daging).

Tambahan kental kecil kecil saya cuci bersih dan dimasukkan ke dalam wajan saat daging setengah empuk ,

Jangan dikupas kulit ari kentang , karena jika dikupas kentang menjadi mudah hancur.

Selamat mencoba yaaa

berikut ada tips dari milis NCC , semoga bermanfaat  :

Lia ‚Äď Surabaya:
Kunci keberhasilan memasak rendang, kudu TLATEN & SABAR!! Prosesnya awalnya gampang, smuanya dicemplungin jadi satu tapi begitu santan mulei kental berminyak maka kudu rela nyeret kursi ngadep kompor sambil mengaduk2 rendang selama beberapa jam!! Tapi hasilnya sangat layak untuk menebus segala keletihan & kebosanan selama mengaduk2??
Tingkat kekeringan rendang bisa disesueikan selera, ada yang suka masih berkuah merah (namanya jadi kalio daging, bukan rendang), ada juga yang demen berkuah kental dengan warna mulei kecoklatan. Tapi kalo gue, nyammm… jauh lebih demen yang kering berdedak. Rasanya nikmaaaaatt… bangedd, praktisdibawa pergi2 soale ga gampang tumpah & daya tahannya lama.

Ini ada beberapa tips dalam memasak rendang yang nendang banget, especially untuk menghasilkan bumbu kering yang pekat, wangi & lebih banyak dedaknya:

  • Sereh: potong 3cm dari pangkalnya dan haluskan bersama bumbu lain, sementara bagian batangnya tetep dimemarkan ajah kek biasa.
  • Daun jeruk: buang tulang daunnya & sobek2 tanpa terputus. Setengah bagiannya ikutan dihaluskan juga, setengah lainnya dicemplungin ajah kek biasa.
  • Lengkuas: Banyak resep rendang yang lengkuasnya dimemarin doang. Kalo gue, diblender abis!
  • Aer klapa: Nah‚Ķ amper ga perna denger kan rendang pake aer klapa? Gunakan smua aer klapa untuk meres klapanya. Santan yang dihasilkan akan lebih legit & wangi serta menghasilkan warna rendang yang pekat.
  • Kunyit: Gue GAK PAKE kunyit karna warna akhirnya kurang cantik.
  • Pekak aliyas Bunga Lawang aliyas Star Anise: Ini bumbu sakti yang bikin rasa rendang jadi extremely nendang buangeeeeettthhhh‚Ķ. Karna ni kembang teksturnya keras banget kek kayu, didihkan bentar bareng santan sampe mulei lembut, tiriskan & blender bareng bumbu lain.

Kalo mo dedaknya banyak, pake lengkuas+jahe+sereh yang rada banyak dan diblender abis, jangan ada yang digeprak. Serat bumbu ini akan menambah rasa yang lebih mantep sekaligus menambah volume dedak.

Selain itu ada dua cara yang lazim:

  • Pake santan kentalnya thok! Cara ini aku dapet dari ibunya temenku. Blio sampe bela2ain meres kelapa pake kain karena untuk 1 butir kelapa blio hanya ambil santannya 1 gelas‚Ķ! Jadi kalo pengen santan seliter ya brarti 10 butir kelapa. Aku gak sanggup pake cara ini buhuuuuuuu‚Ķ.? susah meresnya. Tapi hasilnya emang bener2 berdedak pekat
  • Pake kelapa parut, sangrai sampe bener2 kering (pake api keciiiilll), lalu haluskan sampe bener2 halus & berminyak (pake cobek, ga bakal bisa pake blender). Masukin bareng daging boleh, masukin setelah daging setengah empuk boleh, ato masukin saat kuah mulei kental juga noproblem. Tapi aku biasanya masukin bareng daging. Ini cara yang paling sering aku pake (aduh, kok lali yo‚Ķ aku gak nyebut kelapa sangrai ini di blog. Thanx for asking, jadi keinget nih‚Ķ ntar blog-ku ta‚Äôrevisi deh)

Pengalaman aku (saat dibikin bener2 kering loh…) paling lama 3 hari masi oke aja. Masalahnya, di hari ke-3 itu rendangnya udah tinggal dikit dan sekalian diabisin, jadi lom perna sengaja nyimpen lebih dari 3 hari & ngga tau juga gimana kalo lebih dari 3 hari.

Kalo pake kentang kecil (iya, gausah dikupas biar ga gampang hancur), masukin saat daging setengah empuk. Kalo pake kacang merah aku lom perna coba.

Sharing dikit, benernya sebagus & selembut apapun jenis dagingnya, kalo dibikin bener2 kering dagingnya akan alot karena ngalamin dehidrasi. Aku lebih suka rendang yang sekedar kering gitu aja, pas digigit masi enak ngga butuh energi besar? cuman resikonya ngga terlalu awet seh.
Tapi kannnn…….. balik ke selera masing2. Kalo suka yang bener2 kering monggo aja…. cocok buat oleh2 & traveling.

‚ÄĒ-

Tambahan Catatan :

Dani :
Ato gini kali ya…
Kalo dagingnya udah empuk, tapi belum kering, angkat dulu dagingnya. Pas kuahnya udah kering, baru masukin lagi dagingnya. Trus diaduk-aduk. Gitu kali ya, Li..

Uni Dewi :
Rendang yg kering dan berdedak itu tahan diluar selama 4hari, tapi teteb harus diangetin, krn bahan dasarnya khan santan..bisa tengik juga rasanya….
Tapi gw kalo bikin rendang kering githu gak terlalu keras koq….asal motong dagingnya sesuai serat (memanjang), dan pake daging silver side (gw gak tau namanya dipasar traditional), kalo mamaku suka bikin pake daging gandik (paha).
Bisa juga dng cara dani ini, diangkatdulu dagingnya trus di keringin santannya, baru dicampur lagi, tapi kalo begini dagingnya gak ikut jadi awet…krn dalemnya masih basah….

Pokoke utk bikin rendang aku pake 6 kelapa utk 1kg daging, meresnya pake air hangat dan tenaga laki2, jadi bener2 kentel deh…
Selain pake kelapa sangrai tambahin juga ati sapi rebus yg digiling halus (mungkin diganti liver pasta juga ok, aromanya sama sih), ini dimasukin bareng bumbu2 halus…
Kalo mo ditambahin kentang kecil, gak perlu dikupas kulitnya, masukinnya kalo santan udah mulai sedikit mengental…kalo kacang merah gw gak tau, gak pernah pake….biasanya kacang merah itu agak keras dan lama rebusnya

Daging dan bumbu2 halusnya diungkep dulu sampai air dagingnya keluar dan kering, setelah itu baru deh dituangin santan encer, aduk janga sampe pecah, terakhir baru deh dimasukin santan kentalnya, masak sampai menjadi dedak…

Masukin bumbu lainnya dan daun2an setelah santan encer masuk, kalo santan kental udah masuk, apinya kecilin, masak sampe menjadi dedak….ngaduknya sekali2 aja agar daging gak ancur, kalo ngaduk gak perlu di aduk semua cukup bagian bawah aja yg kita korek utk mencegah hangus dibawahnya…

Bikin rendang mau pake santan kental langsung juga gak ada yg marah….mau dipakein santan encer dulu biar cepet mendidihnya (kayak gw) jg gak masalah….
Tapi kalo hubungan ditumis dulu biar gak pecah itu apa ya….aku gak pernah ditumis gak pernah pecah (ancur) tuh dagingnya…pilih daging gandik or top side kalo mau rendang yg item aseli minang itu….
Masalahnya kalo ditumis lagi, tambah minyak lagi, sementara nantinya santan rendang tsb sudah menghasilkan minyak yg buanyakkk bener….jadi lebih baik gak usah ditumis…..githu loh….

Ine:

Temanku yang orang minang asli, ngajari bikin rendang juga nggak di tumis. Persis spt cara Dewi.
Kiatnya spy daging nggak hancur, ketika daging udah empuk dan santan belum mengering (ber-dedak ?) daging di tiriskan dulu, lanjutkan masak santan sambil di aduk2 sampai nyaris kering, cemplungin lagi dagingnya, lanjutin masak sebentar.

Rifa:
Sepengalanman ngeliatin nyokap buat ( hehehee.. soalnya gak pernah ngerjain) bumbu komplit di giling kec daun2 dan laos. Nah kelapanya nya ini yang menentukan banyak or enggak dedaknya.Kalo rendang asli padang, gak main dengan kelapa yang disangrai melainkan dengan santannya (spt mbak siapa gitu.. bil) bisa perbandingan 1 kg daging : 10 kelapa tapi ini bisa jd banyak buanget.

nah tergantung keperluan ajah bisa dimodif untuk kekeringannya juga. setelah santan dan bumbu mengelegak dan berwarna orange tua baru masukin daging (jangan kecepetan nanti hancur) nah tingkat kekeringan bisa disesuaikan denagn keinginan kalo masih basah2 dan warna belum coklat namanya kalio kalo udah coklat menuju hitam baru namanya rendang.
jangan lupa selalu mengaduk biar gak hangus dan pake sarung tangan sampe ke sikut biar gak kena gunung meletusnya

Lia:

Jangan pake pengempuk ntar malah ancur berkeping2.
Kunci bikin rendang bukan empuknya daging, tapi justru gimana bisa menghasilkan kuah yang pekat (ato dedak kalo kering). Ya ini nih yang bikin masaknya jadi luamaaa…
Kalo ke supermarket beli aja ‚Äúdaging rendang‚ÄĚ, udah bentuk potongan dan emang khusus rendang.
Kalo beli di pasar, pilih bagian paha (chuck), gandik (silverside), ato bagian punuk (blade). Aku sendiri biasa pake yang paha.
Dan kebanyakan penjual daging juga udah tau kok mana yang cocok untuk rendang.

This entry was posted in Ingredients, Techniques, Tips & Tricks. Bookmark the permalink.

2 Responses to Diskusi milis: Rendang Harus Nendang!

  1. Estherlita says:

    Masih bikin rendang.
    Kalau saya bikin rendang, santannya saya godog dulu sampe mendidih tapi jangan diaduk, nanti kan santan kentalnya naik keatas, matikan api biarkan agak dingin. Ambil santan kentalnya yang diatas campur bumbu masak langsung dengan dagingnya. Rasanya pas santannya mengering pas aja dagingnya empuk. Tapi kalau mau lebih cepat lagi saya pake daging has luar, tapi saya bikin dulu itu bumbu dengan santan kental tadi sampe kayak areh, baru cemplungin dagingnya. Jadinya lumayan cepat dan pas aja empuknya dengan keringnya santan. Kalau kebetulan sapinya gak habis fitness biasanya bisa empuk duluan dagingnya ya angkat saja dagingnya keringkan santannya masukin lagi seperti kata mbak siapa ya koq lupa saya maaf deh….
    Juga saya beli semacam dayung gitu untuk ngaduk rendangnya jadi kurang lebih tangan sih gak kecipratan, cuman lantai dapur sih yang kecipratan, kan masih bisa di pel ya khan????? ( eh daripada tangan lho)

  2. tuti says:

    aku ga bisa masak hanya sekedar penikmat rasa tapi aku pengen bisa masak boro2 masak rendang masak opor ayam aza aku ga bisa gimana caranya biar bisa bikin rendang yg praktis dan ga kalah enak rasanya ma bikinan orang padang coz aku punya pengalaman waktu lebaran kemaren aku makan rendang buatan ibunya temenku yg asli orang padang eeeeeeennnaaaaaakkkkk banget jadi pengen bisa walau aku orang cirebon itung2 bekal aku buat nyenengin suami nanti maklum masih gadis bisanya cuma masak buat sendiri aza yag praktis2 doang. makasih ya buat yg ngasih tipsnya nanti

SELAMAT MENCOBA yaaaa ,,

 

Pelatihan Jelly Art oleh Masakbagus kepada Ibu Ibu Dosen Universitas Stikubank Semarang

pelatihan jelly art oleh masakbagus kepada ubu ibu dosen Universitas Stikubank SemarangDiberikan amanah mengajar Jelly Art di depan ibu ibu dosen Universitas Stikubank yang sudah ber gelar Master dan Doktor adalah suatu kebanggaan tersendiri .

Sebuah kehormatan besar mengajar di almamater tercinta ini. bertemu dan berkumpul bersama dalam suasana yang berbeda. kali ini bukan saya yang diajar tapi saya yang mengajar materi Jelly Art ūüôā

Ibu Ibu dosen Uniersitas Stikubank sangat antusias sekali dengan materi ini. tampak serius dan tekun mengikuti materi demi materi yang saya berikan .

materinya sederhana ,yaitu :

  1. Jelly art tanpa tools (menggunakan suntikan )
  2. Puding Telur ceplok
  3. Puding Kaca
  4. Puding Ikan koi.

berikut foto foto yang sempat ter ambil , lainnya kelupaan di dokumentasikan karena asik dengan suntik menyuntik jelly¬† ūüôā

 

pelatihan Jelly art masakbagus kepada ibu ibu dosen Universitas Stikubank Semarang

pelatihan Jelly art masakbagus kepada ibu ibu dosen Universitas Stikubank Semarang

 

pelatihan Jelly art masakbagus kepada ibu ibu dosen Universitas Stikubank Semarang

 

Terimakasi kesempatan yang diberikan ini . sungguh ini pengalaman indah yang tidak mungkin saya lupakan .

semoga bermanfaat sedikit ilmu yang saya berikan , Sampai bertemu lagi dengan materi yang berbeda¬† ūüôā

 

10 Makanan Enak Untuk Makan Siang

Makanan Enak, harus deh udah capek-capek kerja seharian pengin banget memanjakan lidah pada saat istirahat kantor. Setelah dari pagi bekerja kadang kita perlu memanjakan indera perasa kita untuk menikmati makan siang dengan makanan yang enak. Tapi sebaiknya jangan setiap hari dilakukan ya, bisa-bisa kolesterol tinggi. dari sekian banyak makanan enak yang tersedia dipasaran ada beberapa diantaranya menjadi makanan favorit yang terenak untuk dijadikan santapan siang. Tim masakbagus berhasil menghimpun 10 makanan enak favorit tersebut.

Makanan Enak Untuk Makan Siang

1. Gado-Gado

Salah satu makanan favorit penulis juga, gado-gado terbuat dari aneka sayuran diantaranya ada kacang panjang, kol, wortel, tomat, kentang, selada dsb. Selain sayuran juga ditambahkan telor rebus, emping dan kerupuk udang yang diremuk. Sebagai sumber kalori gado-gado juga dimakan bersama lontong yang juga sudah diracik di dalamnya. Saus yang digunakan biasa digunakan sambal kacang tanah seperti layaknya pecel. Dijamin ketagihan kalo belum pernah merasakan makanan ini.

mangut kepala manyung ala bu fat semarangan2. Sayur Mangut

Sayur yang menggunakan ikan asap / ikan panggang sebagai bahan utamanya ini juga merupakan makanan yang enak di konsumsi pada saat makan siang. Daya tarik sayur ini ada pada rasa pedasnya dan ikan asap yang digunakan. Ikan asap biasanya digunakan ikan manyung, bahkan kepala ikan manyung dijual terpisah dari badannya biasa disebut dengan Ndas Mayung dalam bahasa jawa. Disemarang sediri ada beberapa tempat untuk mendapatkan makanan enak ini, diantaranya ada warung mbah jingkrak di kyai saleh dan SGWL (Sego welut .. juga menyediakan mangut) di daerah sampangan. Kalo pengin buat sendiri bisa lihat resepnya di Resep Mangut Kepala Manyung atau di Resep Mangut Ikan Asap

Makanan Enak

3. Bakso

bakso ayamHmmm kalo ini banyak sekali penggemarnya, Apalagi dengan jeroan iso yang menggugah selera. Di semarang sendiri ada beberapa spot bakso yang biasa dijadikan tempat tujuan makan siang, bakso geger di jl. Sri rejeki dan bakso doa ibu di jalan sompok. Jika anda penggemar bakso pasti jenis makanan ini yang akan jadi prioritas anda untuk dijadikan menu makan siang pemanja lidah. Sebagai alternatif juga bisa menjadikan bakso ayam menjadi menu makanan enak. Beberapa kedai bakso binaan dinas koperasi pemprov jateng juga bisa anda ditemukan di gedung UMKM center jalan setiabudi semarang.

Mie Ayam ceker4. Mie Ayam

Kalo yang ini pesaing utama bakso, jika anda penggemar bakso kemungkinan besar anda juga seorang penggemar. Mie ayam menjadi alternatif menu makanan enak untuk makan siang, apalagi dengan ditambah baceman ceker ayam .. nikmat sekali.

5. Ayam Goreng / bakar

Satu ini emang gak ada bosennya, ayam goreng tetap saja menjadi salah satu makanan enak favorit di segala suasana. Hampir setiap orang suka akan makanan ini. Yang membuat agak pusing untuk menentukan ayam goreng yang akan kita santap yaitu karena gak cuman satu aja pilihannya, beberapa alternatif pilihan ayam goreng mulai dari yang original, ayam goreng kremesan, ayam goreng tepung crispy, penyet, model fast food, dsb.

ayam goreng tepung Cukup dulu tulisan bagian pertama ini, kita lanjutkan untuk bagian ke dua untuk reportase 10 makanan enak untuk makan siang

Tauco

TaucoTauco adalah salah satu bumbu yang khas bau dan rasanya , biasa digunakan untuk penyedap masakan misalnya swieke , seperti yang pernah saya gunakan di resep  swike ayam

atau di resep kerang hijau bumbu tauco

atau di resep daging bumbu tauco

yang sama sama menggunakan bumbu tauco , bagi sebagian orang banyak yang tidak menyukai bumbu ini , tetapi tidak sedikit pula yang suka dengan bumbu ini . rasa khas bumbu ini menambah cita rasa masakan . diaplikasikan di sayuran pun enak , seperti ca tauco kangkung dsb.

Tauco sebenarnya adalah hasil fermentasi dari kedelai , menurut wikipedia sebagai berikut  :

Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi).

Fermentasi tauco dengan direndam dengan air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan. Pada pertengahan prosesnya, rendamannya sering mengeluarkan bau yang menyengat seperti ikan busuk/bau terasi.

bau itu kemudian menjadi ciri khas bumbu tauco ini.

Dari beberapa produsen tauco tradisional mengatakan bahwa hasil rendaman, air rendamannya itu kemudian diolah menjadi kecap sedangkan biji kedelainya menjadi tauco. Terdapat berbagai cara mengolah tauco yang masing masing memiliki keistimewaan tersendiri.

Contoh tauco yang beredar di daerah Riau berbeda dengan tauco dengan di daerah Jawa dan Kalimantan. Tiap daerah memiliki keunikan cita rasa tersendiri.

Saya pribadi lebih suka tauco original daerah ,

Dari pengalaman, tauco dapat disimpan lama sampai bertahun tahun, dan tidak akan rusak atau basi selama penyimpanannya tidak terkena air mentah ataupun terkontaminasi dengan bahan organik lainnya. Sayang, tidak ada penelitian yang lebih terperinci mengenai tauco.

Untuk lebih aman nya simpan dalam wadah rapat kedap udara dalam kulkas agar lebih aman.

Oleh para buruh kasar (khususnya masyarakat Tionghoa) dibeberapa daerah, tauco digunakan sebagai lauk setiap makan terutama saat makan bubur bening. Penggunaannya yang umum adalah sebagai bumbu atau penyedap dalam membuat lauk pauk, misalnya ayam bumbu tauco, nasi goreng tauco, ikan tumis tauco

cobain deh masak dengan menggunakan tauco , agar makin kaya cita rasa masakan kita

selamat masak¬† ūüôā

 

Manisan Kolang Kaling

manisan kolang kaling

Siapa yang suka dengan Kolang Kaling ? hampir di setiap variasi minuman selalu ada kolang kaling di dalam nya. makanan enak yang mempunyai banyak manfaat ini sangat mengugah selera jika di olah dengan baik dan benar. berikut manfaat dari kolang kaling :

Khasiat kolang kaling yang luar biasa bagi kesehatan , adalah :

  1.  Untuk obat radang sendi
    Perlu anda ketahui bahwa salah satu khasiat kolang kaling ialah untuk dijadikan obat penyakit radang sendi, karena pada kolang kaling memiliki kandungan zat galaktomanan, zat  yang berguna untuk meredakan penyakit radang sendi pada organ tubuh anda.Untuk memperkuat tulang anda.
  2. Khasiat dari kolang kaling  adalah untuk melindungi tulang dari osteoporosis atau kerapuhan pada tulang. Karena kandungan kalsium pada kolang kaling bisa memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. kandungan kalsium kolang kaling pada setiap 100 gram adalah 91 mg. Sehingga kolang kaling sudah dapat membantu pertumbuhan tulang.
  3. Melancarkan pencernaan. Kolang kaling terdapat kandungan serat yang bisa melancarkan pencernaan dalam tubuh. Sehingga kolang kaling dapat membantu metabolisme dalam tubuh anda. Dan takaran serat yang terkandung pada kolang kaling hingga mencapai 39 %. Ini artinya bahwa kolang kaling sangat baik untuk membantu proses pencernaan .
  4. Sebagai obat gatal-gatal .Kolang kaling juga terdapat getah di dalamnya, Yang dikenal untuk mengobati gatal-gatal disebabkan bakteri atau kuman. Dengan cara membalurkan getah yang terdapat pada kolang kaling (sebelum dibakar yang nantinya menjadi kolang kaling untuk dikonsumsi).
  5. Membantu program diet anda.Dengan mengkonsumsi kolang kaling , membantu program diet anda. Hal tersebut dikarenakan bahwa kandungan gelatin yang terdapat pada kolang kaling memiliki efek kenyang. Sehingga ketika anda memiliki nafsu makan yang berlebihan, Maka hal demikian dapat diseimbangkan dengan cara mengkonsumsi kolang kaling. Dan nafsu makan yang terlalu berlebihan tersebut akan hilang.

berikut salah satu cara mengolah kolang kaling  menjadi sajian yang enak .adaptasi dari sajian sedap.

Manisan Kolang Kaling

recook : Ita Utomo

Bahan-bahan :

  • 500 gram kolang-kaling
  • 1.000 ml air cucian beras
  • 750 ml air
  • 250 gram gula pasir
  • 8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh pewarna hijau (esen pandan)

Cara Pengolahan :

  1. Cuci kolang-kaling dengan air cucian beras. Cuci bersih.
  2. Rebus air, gula pasir,daun jeruk, garam, dan pewarna hijau (esen pandan) sampai mendidih.
  3. Masukkan kolang-kaling. Didihkan sebentar. Saring.
  4. Rebus kembali kuah sampai mendidih. Angkat.
  5. Masukkan kembali kolang-kaling. Dinginkan semalaman.

Selamat Mencoba