Chicken Katsu

chicken katsu

Beberapa waktu yang lalu saya membuat chicken katsu untuk stok bekal sekolah anakanak. kebetulan di kulkas ada daging ayam yang sudah di filet. caranya mudah sekali daging ayam dipotong sesuai selera lalu rendam dengan bumbu perendam  , saya gunakan minyak wijen , lada bubuk ,bawang putih bubuk , garam secukupnya , kaldu blok maggie dan susu kental manis .

Susu kental manis membuat tekstur ayam dan rasa menjadi beda , daging ayam juga lebih lembut jika diberi susu kental manis . oiya saya gunakan bawang putih bubuk untuk chicken katsu ini . boleh menggunakan bawang putih yang dihaluskan tapi jangan banyak banyak yaa karena bawang putih yang dihaluskan rasa nya lebh kuat .

kemudian setelah di rendam bumbu selama kurang lebih 20 menit dikulkas keluarkan dan balut dengan campuran tepung terigu air dan telur . ( untuk menghemat penggunaaan telur saya gunakan trik lapisan tepung seperti ini) setelah itu balur dengan breadcrump atau banyak yang menyebut nya Panko . fungsi nya hampir mirip seperti panir tapi penampakan bread crump lebih kasar jika dibandingkan dengan tepung panir

lalu bekukan , untuk trik menyimpan di frezzer agar mudah diambil saat akan digoreng saya susun di wadah kedap udara lalu setiap bagian tumpukan susunan chicken katsu saya alasi dengan plastik  begitu seterusnya lalu bekukan di frezzer.

Untuk menggoreng chicken katsu saya gunakan minyak agak banyak  secukupnya hingga katsu terendam dengan minyak. sebelumnya panaskan minyak goreng di dalam wajan lalu masukkan chicken katsu dengan mengecilkan apinya agar matang sempurna . dan warna berubah menjadi coklat keemasan.

yuuk cobain buat chicken katsu ala saya  lebih hemat jika membuat sendiri  . anakanak juga pasti lahap maemnya  kemudian bisa ditambahkan dengan brokoli tumis dan lain sebagainya untuk pendamping bekal sekolah anakanak

selamat mencoba :

CHICKEN KATSU
resep: ItaUtomo

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gr daging ayam yang sudah difillet.
  • 1 sdm air jeruk nipis.

bumbu perendam:

  • 1 sdm bubuk bawang putih.
  • 1 blok kaldu bubuk maggie.
  • 1  sdm minyak wijen.
  • 2 sdm susu kental manis.
  • garam (Sesuai selera).
  • 1 sdt merica bubuk.

bumbu pencelup:

  • 200 tepung terigu.
  • 150 cc air matang ( atau disesuaikan dengan kebutuhan ).
  • 1 butir telur.

pelapis:

  • Bread crump secukupnya.

Cara membuat :

  1. Bersihkan daging ayam , kemudian beri perasaan air jeruk nipis biarkan sejenak. cuci bersih dan kemudian potonng potong melebar sesuai selera.
  2. Siapkan bumbu perendam , rendam dan marinasi ayam yang sudah dipotong potong , marinasi selama kurang lebih 20 menit di kulkas, sisihkan.
  3. Siap tepung pencelup campur semua bahan pencelup . aduk rata  . sesuaikan kebutuhan air nya hingga kekentalan tepung untuk mencelup cukup.
  4. Keluarkan ayam dari kulkas celup kan ke dalam larutan tepung kemudian baluri denga bread crump. lakukan hingga ayam habis.
  5. Simpan dalam wadah tertutup kedap udara , simpan di dalam frezzer.
  6. Simpan sebagai stok lauk bekal anakanak
  7. Jika dibutuhkan goreng  chicken katsu dengan minyak banyak , biarkan minyak goreng panas dulu masukkan chicken katsu nya kemudian kecilkan api goreng hingga matang dan berubah kuning keemasan. (* saat akan menggoreng chicken katsu yang beku  , biarkan sejenak chicken katsu bekunya lalu goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan jangan menggoreng dalam kondisi minyak masih dingin karena mengakibatkan  chicken katsu akan menyerap banyak minyak )
  8. Selamat mencoba

foto proses membuat chicken katsu :chicken katsu

foto setelah di goreng:

chicken katsu

Diterbitkan oleh

Ita Utomo

Saya adalah ibu rumah tangga dengan 1 putra dan 2 putri. Aktifitas memasak adalah kegiatan rutin saya setiap hari dan website ini saya buat untuk berbagi kepada semuanya yang ingin belajar memasak dengan mudah. Semuanya resep di web site ini merupakan hasil masakan sayan dan semua foto adalah hasil foto saya . selamat memasak ya . sajikan masakan istimewa untuk keluaga tercinta .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *