Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh (belimbing sayur)

khasiat dan manfaat belimbing wuluh

Belimbing sayur ini wajib hukumnya harus  ada di halaman rumah, salah satu dari sekian banyak tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan dan sebagai bumbu masakan. Masakan yang menggunakan belimbing sayur ini adalah sayur asem , sup ikan, Garang asem ayam dan lainnya menggunakan belimbing sayur ini. Belimbing sayur ini mempunyai nama alias yang banyak, yaitu : Belimbing sayur, belimbing wuluh, belimbing buluh, atau belimbing asam.

Indonesia kaya sekali dengan bumbu dan citarasa, banyak sekali masakan khas daerah yang menggunakan belimbing sayur ini. Dibuat sajian pun enak, saya pernah mengolah belimbing sayur ini selain sebagai bumbu pelengkap masakan, saya olah menjadi manisan belimbing wuluh atau manisan belimbing sayur , sirup belimbing sayur (belimbing wuluh).

Tentunya belimbing sayur atau belimbing wuluh ini juga kaya manfaat , yaitu :

1. Belimbing Wuluh Mengobati Batuk

Belimbing wuluh bisa dijadikan sebagai obat batuk. Ambil bagian bunga, daun dan buah belimbing wuluh sebanyak satu genggam saja. Cuci bersih kemudian rebus dengan 4 gelas air bersama gula batu hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dua kali sehari secara rutin.

2. Mengatasi Batuk Rejan

Untuk menyembuhkan batuk rejan, gunakan buah belimbing wuluh saja. Caranya ambil 10 buah buah belimbing wuluh kemudian remas-remas dan campur dengan 2 sendok air garam. Saring airnya dan diminum dua kali sehari. Atau bisa juga buah belimbing manis ini dijadikan sebagai manisan, kemudian dimakan.

3. Obat Batuk untuk Anak

Khasiat belimbing wuluh sebagai obat batuk memang tidak perlu diragukan lagi. Nenek moyang kita kerap menggunakannya sebagai obat batuk anak. Bahan yang diperlukan adalah 1 genggam daun belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya dan 1 gelas air. Setelah dicuci bersih semua bahan ditim selama kurang lebih satu jam. Saring airnya dan minum 2 kali sehari sewaktu perut kosong.

4. Mengobati Rematik

Daun dan buah belimbing wuluh bisa digunakan untuk obat rematik tradisional. Tentunya dicampur dengan bahan-bahan alami berkhasiat lainnya. Caranya, ambil 100gram daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 butir cengkeh dan 15 butir merica. Semua bahan digiling hingga halus kemudian tambahkan cuka secukupnya, aduk rata hingga membentuk adonan seperti bubur. Oleskan adonan ini ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.

Cara yang kedua menggunakan buahnya. Sediakan 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil (Michelia champaca L.), 15 biji cengkeh dan 15 butir lada hitam. Semua bahan digiling hingga halus kemudian campurkan dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Adonan tersebut digunakan untuk mengurut bagian tubuh yang sakit.

5. Obat Sariawan Tradisional

Buah belimbing sayur ini juga sering digunakan sebagai obat sariawan. Caranya, sediakan bahan-bahannya berupa 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala yang muda, 10 lembar daun seriawan, 3/4 sendok teh adas dan 3/4 jari pulosari. Semua bahan ditumbuk hingga halus dan campurkan dengan 3 sendok makan minyak kelapa. Saring airnya dan oleskan pada bagian mulut yang luka akibat sariawan.

6. Obat Jerawat Tradisional

Selain bisa mengobati sariawan, belimbing asam ini juga dikenal sebagai obat jerawat yang ampuh. Caranya, sediakan 6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang. Giling hingga halus kemudian campurkan dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Oleskan ramuan tadi pada wajah yang berjerawat. Lakuakn secara rutin 2 sampai 3 kali sehari.

7. Mengobati Panu

Meski tidak mematikan, panu merupakan penyakit yang memalukan. Karena kulit yang terkena panu akan belang putih seperti zebra. Namun anda tidak perlu khawatir jika terkena panu karena bisa diatasi dengan ramuan berikut ini:

Tumbuk hingga halus 10 buah belimbing wuluh dan kapur sirih sebesar biji asam jawa. Aduk hingga tercampur rata. Ramuan tersebut dipakai untuk menggosok bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan secara rutin 2 kali sehari dan lihat hasilnya.

8. Mengobati Penyakit Gondongan

Untuk mengobati penyakit gondongan, yang diperlukan adalah 10 ranting muda belimbing wuluh berikut daunnya dan 4 butir bawang merah. Cuci bersih semuanya lalu ditumbuk hingga halus. Balurkan ramuan tersebut di tempat yang sakit.

9. Obat Sakit Gigi Tradisional

Untuk membuat obat sakit gigi tradisional caranya sangat mudah. Ambil beberapa buah belimbing wuluh lalu cuci hingga bersih. Kunyah buah belimbing wuluh tersebut bersama dengan garam secukupnya. Lakukan berulangkali hingga rasa sakit pada gigi hilang dengan sendirinya.

10. Mengobati Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan sesuatu yang berbahaya karena dapat memicu penyakit-penyakit yang lebih serius. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, ambil 3 buah belimbing wuluh kemudian dipotong menjadi 3 bagian. Rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum setelah sarapan pagi.

11.Mengobati Diabetes

Cuci bersih 6 buah belimbing wuluh kemudian dihaluskan. Rebus dengan dengan segelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah dingin, airnya diminum dua kali sehari. Lakuakn secara rutin dan hindari makanan serta minuman dengan kadar gula tinggi.

Pernah juga  mencicipi sajian dari olahan daun belimbing wuluh atau belimbing sayur ini, dijadikan keripik, enak lo  :). kaya manfaat ya belimbing wuluh, mari menanam tanaman berkhasiat di halaman rumah kita.

Diterbitkan oleh

Ita Utomo

Saya adalah ibu rumah tangga dengan 1 putra dan 2 putri. Aktifitas memasak adalah kegiatan rutin saya setiap hari dan website ini saya buat untuk berbagi kepada semuanya yang ingin belajar memasak dengan mudah. Semuanya resep di web site ini merupakan hasil masakan sayan dan semua foto adalah hasil foto saya . selamat memasak ya . sajikan masakan istimewa untuk keluaga tercinta .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *