Udang Bakar Madu

udang bakar maduJadi cerita begini, saat itu ditelp mama diberitahu jika mama dan teman temannya berencana pergi ke pasar ikan (grosir) pembeliannya minimal harus 2 kg, jadi skalian titip mama belanja ikan, udang dan cumi . ikannya semua segar dan masih sangat fresh , kalau ikan masih segar rasanya juga lain beda lah dengan ikan yang sudah dibekukan. di Semarang pasar ikan grosir ini buka setiap malam biasanya rumah makan dan tukang sayur beli ikan di sini untuk dijual lagi esok harinya . jam buka pasar ini dari jam18.00 wib hingga jam 04.00 wib . Pasar kobong namanya , bukan kobong dalam arti terbakar ya, tapi memang namanya pasar kobong . senang sekali jika ke pasar kobong cuci mata melihat ikan segar buanyaaaaak sangat (dasar emak emak ya hobi sekali ke pasar :D).

udang bakar madu

 

Udang nya saya olah menjadi Udang bakar madu. untuk bumbu rendaman saya gunakan cincanga bawang putih ,potongan cabe merah yang dibuang isinya ditambah dengan irisan daun bawang dan jahe muda . jadi makin sedap uang bakarnya . masing masing tusukan saya isi 3 ekor udang . segaja tidak dikupas dan tidak dibuang bagian kepalanya . hanya saya siangi bagian ujung lancip di kepala udang dan kumis udangnya (bener kumis ga sih namanya ahahha) , lalu bagian punggung udang saya kerat dan dibuang kotorannya .cuci bersih tusukan ke tusuk sate rendam bumbu kurang lebih 15 menit an saya masukkan ke dalam kulkas agar bumbu meresap , kemudian bakar deh. berikut resepnya :

 

Udang Bakar Madu
resep : Ita Utomo

bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gr Udang segar ukuran sedang
  • Secukupnya tusuk sate
  • 4 sdm saus tiram
  • 6 sdm madu
  • 1 sdm saus cabe botolan
  • 2 sdm margarin lelehkan
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 2 ruas jahe muda kupas, kemudian cincang halus
  • 2 helai daun bawang iris halus
  • 2 cabe merah besar buang bijinya lalu iris halus

 

udang bakar maduCara Membuat :

  1. Dalam wadah, campur saus tiram, mentega leleh, saus cabe, dan madu. Aduk rata.
  2. Siangi Udang , cuci bersih kemudian tusukkan udang ke tusuk sate .
  3. Masukkan udang dalam wadah bumbu. Aduk rata hingga udang terlumur bumbu. Simpan dalam kulkas selama 15 menit supaya bumbu meresap.
  4. Siapkan alat pemanggang/bakaran. Panggang udang di atas api hingga matang. Angkat.Siap disajikan.Selamat mencoba.

 

Diterbitkan oleh

Ita Utomo

Saya adalah ibu rumah tangga dengan 1 putra dan 2 putri. Aktifitas memasak adalah kegiatan rutin saya setiap hari dan website ini saya buat untuk berbagi kepada semuanya yang ingin belajar memasak dengan mudah. Semuanya resep di web site ini merupakan hasil masakan sayan dan semua foto adalah hasil foto saya . selamat memasak ya . sajikan masakan istimewa untuk keluaga tercinta .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *