Tips usaha makanan beku

nuggetGerakan ekonomi dari dapur kita sendiri , banyak peluang usaha yang bisa kita kerjakan  . bismis makanan kue, atau bisnis usaha makanan beku  .

Mengingat banyak sekali yang membutuhkan “makanan beku ” sebagai alternative menyajikan masakan yang serba cepat maka usaha makanan beku menjadi  besar peluang nya

Peluang usaha makanan beku semakin hari semakin diminati oleh banyak orang. Makanan beku atau frozen food, Selain cara penyajiannya praktis,makanan ini juga tahan lama dan banyak sekali pilihannya,misalnya Bakso, naget, sosis, kornet, perkedel, karage adalah makanan beku yang dapat dijadikan lauk. Sedangkan lumpia, martabak, kaki naga dan tempura banyak orang menjadikannya sebagai camilan.makanan beku ini bisa jadi solusi dan sangat cocok bagi ibu2 rumah tangga yang super sibuk karena cara penyajiannya yang praktis dan mudah sehingga tidak memakan waktu yang lama dalam memasaknya.

Peluang usaha jualan makanan beku sangat menarik untuk di kembangkan, karena selain mudah juga tidak butuh banyak modal dan juga luas pengembangannya.usaha ini bisa anda mulai dari skala rumahan.
misalnya dengan menjual makanan siap saji sebagai jajanan anak-anak, atau anda menjadi agen bagi pedagang jajanan keliling.

untuk Memulai usaha ini anda membutuhkan tempat. Tempat yang strategis memang perlu, namun itu tidak mutlak. Anda bisa memanfaatkan garasi rumah anda, teras ataupun ruang tamu. Yang penting keberadaan usaha anda bisa diketahui oleh pelanggan anda. Menjalankan usaha ini anda tidak perlu ketrampilan khusus dan usaha ini juga dapat dikerjakan oleh anggota keluarga anda.

Alat yang di butuhkan untuk usaha ini ialah freezer atau mesin pembeku untuk menyimpan dan memajang barang dagangan anda, bagi anda yang baru memulai usaha ini bisa memanfaatkan kotak freezer yang ada di kulkas,akan tetapi kapasitasnya sangat terbatas.untuk menekan biaya anda bisa membeli freezer bekas yang masih baik.kalo memang dananya belum mencukupi untuk membeli freezer yang baru.

Semakin besar kapasitas freezer, semakin besar pula konsumsi listriknya.untuk itu Pastikan daya listrik yang terpasang di tempat anda mencukupi. Pelajari juga cara mengoperasikan freezer yang dapat menghemat pemakaian listrik.

Membeli langsung dari produsen harganya murah,akan tetapi biasanya ada syarat-syarat tertentu, atau mengarahkan anda pada distributor/agen yang telah ditunjuk. Bahkan ada beberapa distributor/agen yang bersedia meminjamkan freezer pada anda, tentunya ada perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan. Anda juga bisa mencoba minta alat-alat untuk promosi seperti brosur, stiker,papan nama dan spanduk dari distributor/agen anda.

PERHATIKAN

jika anda membidik pasar jajanan anak-anak, faktor harga lebih berperan agar terjangkau uang saku anak-anak, Apabila anda membidik pasar ibu-ibu rumah tangga, sediakan produk yang menomorsatukan kualitas makanan, rasa, serta penampilan kemasan.

produk yang anda jual harus banyak pilihannya,karena itu bisa menarik pembeli. Meskipun masa berlaku makanan beku biasanya adalah 6-12 bulan, namun bukan berarti anda bisa menyimpannya lama-lama. Setiap menit freezer anda mengkonsumsi biaya listrik. Anda bisa menekan biaya dengan cermat memilih produk untuk dijual, meningkatkan perputaran produk serta mengurangi produk slow moving (produk yang lambat terjual).
Perhatikan pula masa kedaluarsa produk. Sebaiknya anda menjual produk yang masa berlakunya minimal 70-80%.

TIPS CARA PENGEMBANGAN USAHA

Tingkatkan jenis layanan, misal, jam usaha yang fleksibel dan layanan antar. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dengan menjual dalam bentuk matang, terutama jika anda bisa berkreasi dan mengolahnya menjadi masakan yang unik dan menarik.

Anda bisa mengembangkan usaha menjadi agen bagi pedagang jajanan keliling. Strateginya adalah harga murah. Prosentase keuntungan anda mungkin menurun, tetapi total omset bisa terdongkrak. Di samping itu, anda berkesempatan menjual produk pendukung, seperti saos, sambal, minyak goreng, tusuk sate.

Perlu anda sadari, freezer anda adalah mesin serba guna untuk menyimpan dan mengawetkan berbagai bahan makanan dan minuman. Anda bisa menjual aneka bahan makanan atau minuman segar yang dapat disimpan beku, seperti; ikan, daging, ayam, udang dan produk lain sesuai kebutuhan konsumen. Manfaatkan freezer anda seoptimal mungkin, namun tetap memperhatikan kualitas produk yang anda jual.

Diterbitkan oleh

Ita Utomo

Saya adalah ibu rumah tangga dengan 1 putra dan 2 putri. Aktifitas memasak adalah kegiatan rutin saya setiap hari dan website ini saya buat untuk berbagi kepada semuanya yang ingin belajar memasak dengan mudah. Semuanya resep di web site ini merupakan hasil masakan sayan dan semua foto adalah hasil foto saya . selamat memasak ya . sajikan masakan istimewa untuk keluaga tercinta .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *